Pengaturan Tampilan Lembar Kerja Pada Aplikasi Pengolah Angka

Haii Teman..........
Kalian pasti sudah tau kan aplikasi apa saja yang digunakan sebagai pengolah kata. Mungkin yang paling trend adalah Microsoft Excel. Apakah kalian masih ingat cara mengoprasikannya ?? Ataukah kalian telah melupakannya karena kesibukan kalian dengan gad-get kalian ?? Ayo teman, kita belajar lagi....

Sebelumnya kita harus tau bagian-bagian dalam Microsoft Excel
Jendela Microsoft Excel
Jendela Microsoft Excel terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu. Bagian-bagian itu adalah :

Jendela Microsoft Excel
  1. Baris Judul
  2. Kontrol Jendela
  3. Baris Menu
  4. Baris Rumus
  5. Lembaran Kerja
  6. Tab Lembaran Kerja

Gambar 4.1 : Jendela Microsoft Excel
A. Baris Judul (Title Bar)
Seperti yang ditampilkan pada Gambar 4.2, baris judul (title bar) terletak dibagian kiri atas jendela Microsoft Excel. Baris judul (title bar) berfungsi untuk menampilkan nama file lembaran kerja yang sedang dibuka. Apabila lembaran kerja yang sedang dibuka belum pernah disimpan; maka secara default lembaran kerja tersebut diberi nama Book1, Book2, dan seterusnya.

Gambar 4.2 : Baris Judul (Title Bar) menampilkan nama file lembaran kerja
B. Kontrol Jendela (Control Window)
Kontrol jendela terletak dibagian kanan atas jendela Microsoft Excel sejajar dengan baris judul. Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kiri berfungsi untuk meminimize jendela Microsoft Exce. Tombol tengah berfungsi untuk mengecilkan atau memperbesar tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kanan berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Excel.

Gambar 4.3 : Kontrol jendela (Control Window)
C. Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu (Menu bar) memuat menu-menu yang terdapat di Microsoft Excel (Gambar 4.4). Masing-masing menu tersebut mempunyai perintah-perintah yang dikelompokan sesuai dengan fungsi perintah-perintah yang berhubungan. Perintah-perintah yang terdapat pada sebuah menu akan ditampilkan apabila menu tersebut diklik.

Gambar 4.4 : Baris menu (Menu Bar)
Microsoft Excel mempunyai 9 buah menu, yaitu sebagai berikut:
  1. Menu File
    Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu File antara lain: Open, New, Close, Print,Page Setup, Exit dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.5

  2. Gambar 4.5 : Tampilan pulldown menu File

  3. Menu Edit
    Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.6


  4. Gambar 4.6 : Tampilan pulldown menu Edit
  5. Menu View
    Menu View memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Microsoft Excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah lembaran. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu View antara lain Normal, Page break Preview, Task Pane, Toolbars, Formula bar, Status Bar, Header and Footer, Comments, CustomViews, Full Screen, Zoom. Seperti terlihat pada Gambar 4.7


  6. Gambar 4.7 : Tampilan pulldown menu View
  7. Menu Insert
    Menu Insert memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penyisipan. Perintah yang terdapat di menu Insert antara lain: Cells, Rows, Columns, Worksheet, Chart, Symbols, dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.8


  8. Gambar 4.8 : Tampilan pulldown menu Insert
  9. Menu Format
    Menu Format memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan sel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Format antara lain: Cells, Row, Column, Sheet, Autoformat, Style dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.9


  10. Gambar 4.9 : Tampilan pulldown menu Format
  11. Menu Tools
    Menu Tools memuat perintah-perintah pendukung untuk pengaturan lembar kerja. Perintah-perintahnya antara lain: Speeling, Speech, Protection, Macro, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.10


  12. Gambar 4.10 : Tampilan pulldown menu Tools
  13. Menu Data
    Menu Data memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan data. Perintah yang terdapat di menu Data antara lain: Sort, Filter, SubTotal, Table, TexttoColumn dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.11


  14. Gambar 4.11 : Tampilan pulldown menu Data
  15. Menu Window
    Menu Window memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tampilan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Window antara lain: New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.12


  16. Gambar 4.12 : Tampilan pulldown menu Window
  17. Menu Help
    Menu Help memuat bantuan yang umum diperlukan untuk menjelaskan fungsi dan contoh penggunaan perintah di Excel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Help antara lain Microsoft Excel Helps, Show Office Assistant, Contact Us, Check for Update dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.13


  18. Gambar 4.13 : Tampilan pulldown menu Help
D. Baris Rumus (Menu Formula) dan Fungsi (Function)
Rumus (formula) adalah suatu bentuk perhitungan yang dibuat oleh kita sendiri dengan tujuan tertentu, misalnya menjumlahkan, mengurangkan, dan mengalikan. Melalui rumus ini, kita dapat memasukan data dengan menggunakan operator hitung (operator aritmatik), diantaranya adalah :
  • + (plus) : penjumlahan
  • * (kali) : perkalian
  • ^ (pangkat) : pemangkatan
  • - (minus) : pengurangan
  • / (bagi) : pembagian
E. Lembaran Kerja
Lembaran kerja Micrososft Excel berbentuk tabel yang terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris. Setiap kolom mempunyai kepala kolom yang dimulai dari A,B,C, .Z, AA, AB, dan seterusnya sampai kolom IV. Jumlah kolom 256 diawali kolom A dan diakhiri kolom IV. Sebaliknya, baris mempunyai kepala baris yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya sampai baris 65536.
Setiap kotak yang terdapat di lembaran kerja disebut dengan sel. Setiap sel mempunyai alamat yang merupakan kombinasi dari kolom dan baris dimana sel tersebut berada. Misalnya sel yang terdapat dikolom H baris ke 15, maka sel tersebut disebut dengan sel H15. Alamat sel tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam perhitungan, baik menggunakan rumus maupun fungsi-fungsi yang terdapat di Microsoft Excel.

Gambar 4.14 : Lembaran Kerja
F. Tab Lembaran Kerja
Tab lembaran kerja terdapat pada bagian bawah jendela Microsoft Excel dan sejajar dengan scroll bar horizontal. Tab lembaran kerja berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembaran kerja. Tab lembaran kerja yang aktif akan tampak lebih terang dari pada tab lembaran kerja yang lain. Lembaran kerja diaktifkan dengan cara mengeklik tab lembaran kerja yang bersangkutan.

Gambar 4.15 : Tab Lembaran Kerja 


1 komentar:

Posting Komentar