Kalian pasti sudah tau kan aplikasi apa saja yang digunakan sebagai pengolah kata. Mungkin yang paling trend adalah Microsoft Excel. Apakah kalian masih ingat cara mengoprasikannya ?? Ataukah kalian telah melupakannya karena kesibukan kalian dengan gad-get kalian ?? Ayo teman, kita belajar lagi....
Sebelumnya kita harus tau bagian-bagian dalam Microsoft Excel
Jendela Microsoft Excel
Jendela Microsoft Excel terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu.
Bagian-bagian itu adalah :
Jendela Microsoft Excel
- Baris Judul
- Kontrol Jendela
- Baris Menu
- Baris Rumus
- Lembaran Kerja
- Tab Lembaran Kerja
A. Baris Judul (Title Bar)
Seperti yang ditampilkan pada Gambar 4.2, baris judul (title bar)
terletak dibagian kiri atas jendela Microsoft Excel. Baris judul (title
bar) berfungsi untuk menampilkan nama file lembaran kerja yang sedang
dibuka. Apabila lembaran kerja yang sedang dibuka belum pernah disimpan;
maka secara default lembaran kerja tersebut diberi nama Book1, Book2,
dan seterusnya.
B. Kontrol Jendela (Control Window)
Kontrol jendela terletak dibagian kanan atas jendela Microsoft Excel
sejajar dengan baris judul. Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur
tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kiri berfungsi untuk meminimize
jendela Microsoft Exce. Tombol tengah berfungsi untuk mengecilkan atau
memperbesar tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kanan
berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Excel.
C. Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu (Menu bar) memuat menu-menu yang terdapat di Microsoft Excel
(Gambar 4.4). Masing-masing menu tersebut mempunyai perintah-perintah
yang dikelompokan sesuai dengan fungsi perintah-perintah yang
berhubungan. Perintah-perintah yang terdapat pada sebuah menu akan
ditampilkan apabila menu tersebut diklik.
Microsoft Excel mempunyai 9 buah menu, yaitu sebagai berikut:
- Menu File
Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu File antara lain: Open, New, Close, Print,Page Setup, Exit dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.5
- Menu Edit
Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.6
- Menu View
Menu View memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Microsoft Excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah lembaran. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu View antara lain Normal, Page break Preview, Task Pane, Toolbars, Formula bar, Status Bar, Header and Footer, Comments, CustomViews, Full Screen, Zoom. Seperti terlihat pada Gambar 4.7
- Menu Insert
Menu Insert memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penyisipan. Perintah yang terdapat di menu Insert antara lain: Cells, Rows, Columns, Worksheet, Chart, Symbols, dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.8
- Menu Format
Menu Format memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan sel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Format antara lain: Cells, Row, Column, Sheet, Autoformat, Style dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.9
- Menu Tools
Menu Tools memuat perintah-perintah pendukung untuk pengaturan lembar kerja. Perintah-perintahnya antara lain: Speeling, Speech, Protection, Macro, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.10
- Menu Data
Menu Data memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan data. Perintah yang terdapat di menu Data antara lain: Sort, Filter, SubTotal, Table, TexttoColumn dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.11
- Menu Window
Menu Window memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tampilan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Window antara lain: New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.12
- Menu Help
Menu Help memuat bantuan yang umum diperlukan untuk menjelaskan fungsi dan contoh penggunaan perintah di Excel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Help antara lain Microsoft Excel Helps, Show Office Assistant, Contact Us, Check for Update dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.13
D. Baris Rumus (Menu Formula) dan Fungsi (Function)
Rumus (formula) adalah suatu bentuk perhitungan yang dibuat oleh kita
sendiri dengan tujuan tertentu, misalnya menjumlahkan, mengurangkan, dan
mengalikan. Melalui rumus ini, kita dapat memasukan data dengan
menggunakan operator hitung (operator aritmatik), diantaranya adalah :
- + (plus) : penjumlahan
- * (kali) : perkalian
- ^ (pangkat) : pemangkatan
- - (minus) : pengurangan
- / (bagi) : pembagian
E. Lembaran Kerja
Lembaran kerja Micrososft Excel berbentuk tabel yang terdiri dari
kolom-kolom dan baris-baris. Setiap kolom mempunyai kepala kolom yang
dimulai dari A,B,C, .Z, AA, AB, dan seterusnya sampai kolom IV. Jumlah
kolom 256 diawali kolom A dan diakhiri kolom IV. Sebaliknya, baris
mempunyai kepala baris yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya sampai
baris 65536.
Setiap kotak yang terdapat di lembaran kerja
disebut dengan sel. Setiap sel mempunyai alamat yang merupakan kombinasi
dari kolom dan baris dimana sel tersebut berada. Misalnya sel yang
terdapat dikolom H baris ke 15, maka sel tersebut disebut dengan sel
H15. Alamat sel tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam perhitungan,
baik menggunakan rumus maupun fungsi-fungsi yang terdapat di Microsoft
Excel.
F. Tab Lembaran Kerja
Tab lembaran kerja terdapat pada bagian bawah jendela Microsoft Excel
dan sejajar dengan scroll bar horizontal. Tab lembaran kerja berfungsi
untuk mengaktifkan sebuah lembaran kerja. Tab lembaran kerja yang aktif
akan tampak lebih terang dari pada tab lembaran kerja yang lain.
Lembaran kerja diaktifkan dengan cara mengeklik tab lembaran kerja yang
bersangkutan.
1 komentar:
gambarnya ilang
ReplyPosting Komentar